Pesugihan: Cerita Pesugihan | Aneka Ilmu Pelet | Kisah Misteri | Ilmu Kanuragan | Pusaka Keris | Mustika

Fakta Tahun Baru 2017 di Malam Minggu Legi Bukan Mitos

Advertisement

Pergantian tahun baru 2017 bertepatan dengan malam minggu legi menjadi sebuah perbincangan menarik diantara peronda semalam. Berbeda dengan pergantian tahun baru sebelumnya yang bertepatan dengan malam jumat kliwon kali ini penduduk seluruh dunia akan memperingati pergantian tahun baru di malam minggu Legi. Fakta apa saja yang mendasari sekaligus mengikuti malam tahun baru 2017 ini? Simak ulasan di bawah ini.

Dalam penanggalan jawa malam tahun baru 2017 bertepatan dengan hari Minggu legi tanggal 2 bakdal mulud 1950 sekaligus bertepatan dengan tanggal 2 Robiul Akhir 1438 Hijiyah. Dengan fakta tersebut secara otomatis tahun baru 2017 diapit hari sabtu kliwon dan senin pahing dalam kalender jawa.

Penanggalan Jawa Untuk Tahun Baru 2017

Secara lebih lengkap tentang tahun baru 2017 anda dapat menyimak penanggalan jawa di bawah ini.
Dina PasaranMinggu Legi
WarsaJe
Wuku Kulawu
Windu, LambangSengara, Kulawu
Mongso Kapitu
ParingkelanPaningron
PadewanBatara Indra
PadangonKerangan
PancaudaSumur Sinaba
RakamMacan Ketawan
PaarasanAras Pepet

Perlu kita pahami pula bahwa pergantian tahun kali ini bertepatan dengan mongso kapitu atau musim ke-7 yang memiliki makna jika kondisi alam sedang tidak bersahabat, kondisi angin kencang serta hujan deras biasa terjadi pada musim ke tujuh ini.

Dalam mitologi jawa Batara Indra sebagai padewan mongso kapitu diceritakan membuat gara-gara semenjak kelahirannya yakni angin yang bertiup kencang, hujan dan petir menyambar-nyambar hingga air laut muntah hingga ke daratan.

Mengingat pergantian tahun kali ini bertepatan dengan malam minggu dalam artian akhir pekan sekaligus musim liburan sekolah bisa dipastikan bahwa perayaan yang akan dilakukan di beberapa daerah akan semakin meriah. Untuk itu bagi anda yang berencana mengadakan acara perayaan di malam tersebut harus tetap mengedepankan kewaspadaan agar tidak terjadi hal-hal di luar harapan. Sebisa mungkin hindari tempat-tempat berbahaya seperti pantai, bawah pohon besar dan gunung.

Belajar dari Bencana dan Peristiwa

Bencana alam dan beberapa peristiwa dalam negeri di akhir tahun ini perlu pula anda perhatikan mullai dari gempa aceh, terorisme, hingga tindak kejahatan yang terjadi di penghujung tahun 2016 ini ada baiknya perayaan tahun baru 2017 diadakan tanpa berfoya-foya, bahkan bisa pula anggaran untuk perayaan tersebut kita pergunakan untuk membantu korban bencana alam gempa bumi di aceh baru-baru ini.

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Fakta Tahun Baru 2017 di Malam Minggu Legi Bukan Mitos


Advertisement